Rabu, 17 November 2010

keajaiban di Balik Napas


Keajaiban Di Balik Napas

Yyaaa baru saja saya nonton video dari Kakak tingkat saya untuk tugas Amkai..

Baiklah.. Keajaiban di Balik Napas..

Apa sih Nikmat yang dibutuhkan kita? Pendidikan yang Layak, Pengerjaan yang baik dan Karier Cemerlang???

Yaa semua itu tidak akan terwujud tanpa Bernapas,..

Benerkan???

Bernapasadalah proses sederhana yaitu Rantai awal Kehidupan, setiap sel dalam tubuh kita itu memerlukan Oksigen, Oksigen didapat melalui proses pernapasan..

Bernapas terkesan sangat sederhana, Tak heran hanya sedikit orang yang memikirkannya.

Yaaaa proses pertama pernapasan di mulai dari Hidung..

Hidung…

Hidung merupakan pintu gerbang dari system pernapasan, Hidung bukan hanya berfungsi sebagai Penangkap Bau, Namun Hidung mempunyai keajaiban tersendiri. Bentuk Hidung ynag melengkung membuat udara2 dapat berputar-putar dan terasa hangat.

Di Dalam Proses saluran pernapasan, terdapat Bulu Getar dan Lendir yang mencegah agar debu dan benda-benda asing di dalam proses pernapasan tidak masuk..

Lendir berfungsi untuk mejaring benda2 asing yang masuk ke dalam system pernapasan, Lendir ini ukurannya 1/600 milimeter yang melindungi tubuh dari benda2 asing dalam proses pernapasan, Lenir ini terdiri atas 2 bagian yaitu Bagian yang lembut dan bagian yang Kental. Bagian lembut terdapat dibawah yang berfungsi untuk Membantu kerja dari rambut getar dan Bagian yang Kental berfungsi untuk menjerat benda2 asing tersebut.. Rambut Getar Dan lendir bekerja bersama-sama. Yaa itu adalah 2 pelindung napas kita . Siapa sih yang menyuruh Lendir dan Bulu getar itu bekerja tanpa henti, yaaa itu keajaiban dari Allah..

Selanjutnya Tenggorokan..

Tenggorokan merupakan bagian terpanjang dari proses pernapasan, Tengorokan ini dilindungi oleh tulang rawan cocok untuk semua jenis gerak.. Apabila Tenggorokan Kita Lunak maka mungkin suatu saat akan Patah dan tidak kembali seperti semula, atau mungkin Bila tenggorokan Kita keras maka kita sulit untuk mmelakukan kerja yaa kann…

Tenggorokan berada di sebelah Kerongkongan, namun mereka bekerja dengan baik, Bila kita sedang makan maka Kerongkongan yang akan aktif dan sebaliknya.. nah bagaimana sih kerja dari kerongkongan dan tenggorokan ini.. yaaa mereka ada yang melindungi yaitu sebuah katub yang tau kapan dia harus menutup atau membuka pada saat kita bernapas dan makan.

Next Paru-Paru,

Taukah kawan berapa banyak sih darah di dalam tubuh kita, menurut film yang saya tonton.. ada 5 liter darah yang terdapat dalam tubuh kita, nah dari 5 liter darah ini semuanya harus di cuci atau diberikan oksigen, Kalau misalkan di umpamakan, Darah 5 liter ini sebesar 100m persegi atau sebesar lapangan tennis, dan bagaimana cara agar darah ini mendapatkan oksigen, , yyaaa dengan bernapas dunk…

Yuuppyyy Paru-Paru itu terdiri atas Alveolus dan ada juga yang namanya Bronki, Alveolus atau alveoli ini yaitu berupa bundaran2 yang terdapat di Paru-Paru, ada 300 juta alveoli dan bentuk alveoli ini tidak lebih besar dari ukuran Pentul dari Jarum pentul, alveoli ini sebagai tempat pencucian darah atau pertukaran antara oksigen dan CO2, Alveoli ini emngembang dan mengempis yang ditutupi oleh molekul air, tapi pernah gak sih berpikir apabila alveoi kita mengempis sampe kempis2 banget, hal itu tidak mungkin terjadi karena di dalam alveoli terdapat Organisme tipe II yang melindungi alveoli ini..

Dan di dalam alveoli ini terdapat Makrofagus yang berfungsi untuk menyerap benda2 asing yang tidak tersaring oleh pelindungan awal dari pernapasan tadi..

Selanjuutnya dari Alveoli ini akan Membahas mengenai Homoglobin atau Protein yang berguna bagi darah, Hemoglobin terdapat 564 Asam Amino, Setiap satu sel darah itu sama dengan 250 Juta molekul Hemoglobin. Di Hemoglobin ini terdapat 4 atom besi yang berfunsi sebagai magnet untuk menarik O2, dan diikat di dalam hemoglobin, lalu dibawa hemoglobin keseluruh tubuh, nah apabila telah samapi pada tempat2 yang membutuhkan oksigen, Atom besi ini kehilangan daya tarikya dan lama kelamaan O2 ini lepas dan masuk ke bagan tubuh yang memerlukannya, Hemoglobin melanjutkan perjalanannya, dan apabila O2 tadi telah disebar, maka akan menghasilkan C02 naaahh,, diisini hemoglobin kembali berperan mengikat CO2 dan dibawa ke alveoli lalu dibuang ke udara..

Begitulah yang dapat saya ceritakan setelah Menonton film tadi..

Yaaa dapat ditarik kesimpulan bahwa Setiap Organ2 yang terdapat dalam tubuh kita terutama pernapasan sangat penting, dan ALLAH sangat maha sempurna menciptakan Bagian2 tubuh tersebut dalam tubuh manusia, dan sebaiknya kita manusia mensyukuri nikmat tersebut…

0 hay...:

Posting Komentar