Selasa, 02 November 2010

Mahasiswa di mataku :)




Mahasiswa di Mataku

Pendidikan adalah bagian terpenting dalam hidup. Tanpa pendidikan hidup terasa sia-sia. Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam suatu kebangkitan. Setiap orang pasti ingin mendapatkan pendidikan di manapun ia berada. Pendidikan dimulai dari usia dini dari mulai PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini atau sering disebut PlayGrub, Berlanjut ke Taman Kanak-Kanak (TK), lalu ke jenjang Sekolah Dasar (SD), Menuju ke Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pada puncaknya menuju jenjang Universitas.
Mahasiswa, mendengar kata itu kita pasti langsung tertuju pada anak muda Indonesia yang ingin mewujudkan mimpinya melalui jalan dengan mengambil pendidikan di Universitas atau perguruan Tinggi. Mahasiswa di mataku adalah hal yang sangat mengagumkan, karena dimana saat itu kita telah menyelesaikan sekolah selama dua belas tahun dan berlanjut ke tingkat perguruan tinggi yang sangat di impikan setiap manusia.
Mahasiswa sejatinya adalah sebutan akademis untuk siswa/siswi yang telah mecapai jenjang pendidikan tertentu dan masa pembelajarannya, namun secara harafiah, mahasiswa terdiri atas dua kata “Maha” dan “Siswa”, Maha artinya besar atau berarti tinggi sedangkan Siswa artinya yang menjadi subjek pembelajaran. Jadi mahasiswa adalah seseorang yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.
Mahasiswa di Mataku sangat mengandung banyak arti, Mahasiswa adalah cerminan masa depan Indonesia, Penerus perjuangan masa depan Indonesia. Mahasiswa memcerminkan jati diri Indonesia. Mahasiswa memberikan pengaruh bagi masyarakat Indonesia. Tingkah Laku mahasiswa sangat mempengaruhi masyarakat karena Mahasiswa bergaul dan beradaptasi dengan masyarakat secara langsung dan dapat memberikan contoh di masyarakat.
Selain itu Mahasiswa di mata ku adalah seseorang yang sangat mempunyai intelegen dan kemampuan yang sanagt tinggi karena telah mampu dan sanggup untuk menentukan jalannya melalui pemilihan perguruan tinggi dan jurusan yang di ambilnya karena itu lah yang akan di tempuhnya untuk megapai mimpi untuk masa depannya.
Mahasiswa mempunyai semangat yang tinggi akan mewujutkan hal yang diimpikannya untuk menjadi kenyataan, sesuatu hal yang angat berguna baginya kelak.
‘Even Longest Journey stars with First, Simple and truly step’ Perjalanan Panjang dimulai dengan langkah pertama yang sederhana dan tepat. Itulah mahasiswa, perjalanan panjang hidupnya untuk mencapai impiannya di mulai dengan langkah sederhana dan tepat tentunya akan memghasilkan hal yang sangat berguna dan bermanfaat baginya, dan seluruh orang.
Mahasiswa di mataku bukan sebagai subjek pembelajaran saja, meskipun mahasiswa selalu terkait dengan definisi study namun eksistensinya menyebar kebanyak makna dan peran tertentu. Namun seiring berjalannya waktu mahasiswa tidak hanya di definisikan hanya pada study. Mahasiswa adalah seseorang pembelajar yang tidak hanya duduk di bangku kuliah dan mendengarkan penjelasan dosen saja, lalu pulang kerumah dan mengapalnya untuk mengadapai Ujian Akhir semester. Mahasiswa dituntut untuk menjadi ikon atau pelopor untuk memcerminkan sikap peduli.
Mahasiswa pada masa lalu juga mewarnai perjuangan bangsa Indonesia mulai dari masa penjajahan hingga saat ini. Mahasiswa bukan lagi seorang pelajar yang mebawa buku pelajaran di tas nya untuk dipelajari namun juga memberikan contoh tauladan yang baik bagi masyarakat. Perjuangan mahasiwa sangat berarti bagi bangsa Indonesia, karena mahasiswa inilah yang akan menjadi penerus Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.
Mahasiswa di Mataku sampai saat ini adalah seseorang yang telah benar menentukan jalan hidupnya dengan pilihan yang ia pilih dengan tidak hanya belajar di ruang kelas namun juga memanfaatkan ilmunya dengan memberikan contoh ke masyarakat sekitarnya sehingga berguna bagi dirinya dan orang lain.
Persepsi Tentang Dunia Kampus
Berbicara tentang pendidikan tidak akan lepas drip proses-proses atau langkah-Langkah yang akan dilalui. Langkah-Langkah tersebut di dapat melalui proses perubahan meuju arah yang lebih tinggi. Langkah tersebut adalah bagian dari pendidikan.
Kampus adalah salah satu bagian dari tingatan pendidikan dimana didalamnya terdapat mahasiswa dan dosen. Mahasiswa adalah bagian intelektual yang di didik untuk meneruskan perjuangan Indonesia di masa modern. Dosen berperan penting dalam proses menuju arah tersebut. Dosen memberikan ilmu dan penegtahuan untuk mahasiswa nya sehingga mahasiswa tersebut mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kampus bukan hanya tempat untuk belajar mendapatkan ilmu dari dosen, tetapi kampus juga dapat memberikan ilmu perilaku dan budi pekerti terhadap mahasiswa mengenai cara yang harus di tempuh di lingkungan masyarakat sehingga mampu bersosialisasi dengan baik di kalangan masyarakat.
Kampus juga memberikan peranan penting dalam membentuk pola pikir dan pola sikap mahasiswa. Pola pikir yang bermanfaat bukan pola dan sikap berpikir yang negative.
Mahasiswa berkumpul menjadi satu di Kampus untuk medapatkan ilmu baginya. Mahasiwa-Mahasiswa tersebut memiliki pribadi masing-masing di kampus. Kampus dapat menjadi pemersatu bagi mereka untuk saling memberikan manfaat yang baik dengan bertibgkah laku yang sebenarnya dan tidak menyimpang dari etika etika yang berlaku di masyarakat.
Kampus merupakan fasilitas yang diberikan untuk membuat anak bangsa yang ingin menuntut ilmu yang kelak berguna. Kampus sebaiknya dimanfaatkan dengan hal-hal yang baik bukan dengan hal-hal yang buruk yang akan tercipta dan terlihat di masyarakat di lingkungan sekitarnya yang bersosialisasi sevcara bersamaan.

Kampus membentuk perilaku dan cara hidup atau lifestyle yang baik tergantung dengan mahasiswa yang berda di dalamnya. Kampus akan menjadi baik tergantung dari mahasiswa tersebut, karena mahasiswa adalah bagian dari kampus yang merupakan subjek utama dari pelakasanaan pendidikan di dunai kampus.
Dunia perkampusan memiliki banyak ragam budaya. Ragam budaya dan cara hidup ini hendaknya dicerna dengan baik sehingga menghasilkan hal-hal yang bermanfaat. Dunia kampus sangat bergejolak dimana kadang-kadang mahasiswa merasa jenuh dan bosan tetapi itu adalah bagian dari dunia kampus.
Dunia kampus tidak hanya proses belajar mengajar di dalam kelas, tetapi juga mengenai penerapan dan pelaksanaannya kedepan nantinya di masyarakat. Dunia kampus yang baik seperti sikap saling tolong-menolong terhadap sesama sangat berguna bukan mengenai dunia kampus yang bersifat negative seperti hanya dating ke kampus bukan untuk mendapatkan ilmu tetapi untuk mendapatkan hal lain yang tidak bermanfaat.
Dubia kampus memberikan perilaku social yang baik dan buruknya dapat dicerna. Dunia kampus banyak terdapat individu-individu yang mempunyai watak dan karakter masing-masing. Dunia kampus membentuk proses pembelajaran terhadap sesame diantaranya keterkaitan proses belajar mengajar antara mahasiswa dengan mahasiswa dan antara dosen dengan mahasiswa. Dunia kampus adalah salah satu bagian terpenting dalam prose pendidikan yang akan di jalani seseorang untuk mengapai impiannya mendapatkan gelar yang diimpikannya.
Intinya dunia kampus tidak hanya memberikan ilmu pengetahun di dalam ruang kelas melalui proses belajar tetapi juga mengenai cara mendapatkan pola berfikir, pola sikap dan tingkah laku serta gaya hidup yang sesuai dengan masyarakat lingkungan yang nantinya bermanfaat bagi nya dan lingkungan dan tentunya akan bermanfaat bagi bangsa Indonesia di masa depan karena mahasiswa adalah penerus tongkat estafet perjuangan pahlawan di masa modern ini.

0 hay...:

Posting Komentar