Selasa, 16 November 2010

Sejarah Pempek.. :o


Yaaaaaaaaaaaa.. saya lagi makan pempek nih jadi pengen ngeposting tentang pempek… selain itu saya juga sering chatting dan tweeting sering ditanya dari mana? Palembang bagi pempeknya dong… nah dari situ saya jadi teringat entang sejarah pempek yang yang pernah diceritakan oleh guru saya SMA..

Yuukk marii kita mulai bercerita…

Pempek adalah makanan khas tradisional dari palembang, bagaimana sih kok bias namanya pempek dan sejarahnya..?

Hmph.. kawasan sungai musi palembang merupakan pusat dari kerajaan sriwijaya nahhh.. karena pusat perdagangan juga nih jadi di tanah Sriwijaya banyak masyarakat2 cina yang bermukim di daerah kawasan sungai musi ini namun tak boleh tinggal di daratanm hanya tinggal di sungai di kapal2 di sungai musi.

Suatu ketika.. ceilaaaaahh bahasa lo bet… hahahahaha… yaaa ada seorang nelayan cina yang tinggal di sungai musi ini kelebihan hasil tangkapan ikannya nah nama nelayan ini apek-apek, apek-apek ini bingung mau dibuat apa ikan2 ini supaya bermanfaat, nah dia puny aide ikan2 itu dia halusi dan di tambah dengan tepung terigu dan berhasil lah dia membuat makanan dari bahan dasar ikan ini, Makanan ini ia sebarkan di kawasan pemukiman tempat tinggalnya.. karena tetangganya merasa makanan yang dibuat oleh apek-apek ini enak jadii mereka merasa ketagihan tapi bingung nama makanan ini apa..

Karena nama pembuatnya tadi apek-apek sehingga masyarakat di pinggiran sungai musi ini memodifikasi nama makanan itu menjadi pempek..

Begitulah sejarah pempek menurut guru SMA sayaaaa….

0 hay...:

Posting Komentar